Diberdayakan oleh Blogger.

INTERPERSONAL SKILL

|| || || 2 komentar
Kemampuan interpersonal merupakan hal wajib yang harus dipelajari terutama jika ingin melesat dalam karir di dunia kerja. Kemampuan interpersonal tidak boleh dianggap remeh, walaupun sekilas tidak menimbulkan dampak kesuksesan secara langsung, namun seseorang yang tidak menguasai kemampuan ini akan terhambat dalam lingkungannya.

Berikut 10 tips praktis untuk meningkatkan kemampuan interpersonal anda.

1. Senyum

Jika anda disuruh untuk memilih rekan kerja, pastilah anda lebih suka memilih rekan kerja yang murah senyum daripada yang selalu bermuka masam. Demikian juga dengan orang lain, mereka pasti akan lebih nyaman bergaul dengan orang-orang yang murah senyum.

2. Menjadi lebih apresiatif

Berapa kali dalam sehari anda mengucapkan ‘terima kasih’ pada rekan kerja atau orang yang membantu anda? Atau pernahkah anda memuji pasangan, teman atau rekan kerja anda karena pada saat itu dia terlihat cantik?

3. Peka terhadap orang lain

Apakah anda merupakan tipikal orang yang bisa melihat perubahan suasana hati teman dari waut wajahnya? Ataukah justru anda orang yang dingin dan tidak peka terhadap kesedihan yang dialami oleh teman anda? Jika anda disuruh memilih, teman seperti apakah yang anda pilih?

4. Berlatih mendengarkan

Percayalah, mendengarkan itu butuh latihan, karena menjadi pendengar yang baik itu tidak gampang. Tapi percayalah, anda tidak akan rugi jika menjadi pendengar yang baik.

5. Perbanyak aktifitas yang melibatkan orang lain

Masuk dalam salah satu organisasi kemasyarakatan adalah salah satu darinya masuk dalam komunitas-komunitas yang kita senangi dan pahami contoh : komunitas anak jalanan atau komunitas lainnya masuk dalam grup baik itu di facebook,twitter  dan sejenisnya bisa membuat kita memiliki banyak teman dan aktifitas di dunia maya. Tapi ingatlah, kita berada di dunia nyata, jadi jangan abaikan aktifitas-aktifitas bersama tetangga dan teman nyata anda.

6. Selesaikan konflik

Tidak ada orang yang suka berteman dengan pengecut, selesaikan konflik anda dengan teman atau rekan kerja, jangan biarkan waktu yang mengambil alihnya. Ambillah langkah mudah untuk membawa kebersamaan dan menjadi seseorang yang menangani konflik sebelum terjadi. Pelajari bagaimana menjadi mediator yang efektif. Jika ada orang-orang di sekitar Anda yang ber-cekcok mengenai suatu permasalahan, aturlah agar kedua pihak duduk bersama dan bantu mereka mengatasi perbedaan. Dengan mengambil peranan ini, Anda akan mendapatkan respek dan kekaguman dari orang sekitar Anda.

7. Berbicaralah sesuai tempatnya

Belajarlah untuk bisa menyesuaikan diri saat berbicara, baik itu dalam hal pemilihan tema obrolan, bahasa atau intonasi bicara. Contoh, jangan ngobrolin politik jika anda berada di komunitas yang anti dengan politik.

8. Miliki kemampuan untuk melucu (menghibur)

Janganlah takut untuk menjadi lucu ataupun pandai. Banyak orang yang mau berada di dekat orang-orang yang bisa membuat mereka tertawa. Gunakanlah rasa humor Anda sebagai alat efektif untuk menurunkan batas dan menghimpun perhatian orang. Ingat tagline iklan rokok “ga ada lo ga rame?” Orang-orang yang pandai melucu biasanya akan banyak dicari oleh teman-temannya.

9. Jangan sering complain

Apakah ada disekitar anda orang yang hobinya complain dan suka mengeluh? Dan bagaimana perasaan anda saat mendengarkannya mengeluh dan mengeluh setiap harinya? BĂȘte? Dongkol? Sebel? Nah karena itu jangan menjadi pribadi yang sering complain dan mengeluh. Membagikan keluhan itu kepada semua orang sekitar Anda akan membuat Anda akan mendapatkan reputasi buruk.

10. Melihat masalah dari banyak sisi

Menjadi orang yang pandai melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang banyak dibutuhkan oleh orang lain dan perusahaan. Hal itu akan berdampak pada karir anda yang akan menanjak dengan cepat.
/[ 2 komentar Untuk Artikel INTERPERSONAL SKILL]\
Abdur Rahman Hidayat mengatakan...

sudah di sebar pak ke murid saya....
hehehe....
bagi-bagi....

muslimudaaa mengatakan...

makasih infonya bang (Y) hehehehehe ({})

Posting Komentar